Sunday 16 August 2015

Review/ Spesifikasi + Test: KOGAN SPORT ACTION CAMERA FULL HD 12Mp 1080p

KOGAN SPORT ACTION CAMERA 12MP

Helooooo, apa kabar semua? Saya harap baik yaa. Nah di Postingan saya sekarang ini saya akan membahas tentang ACTION CAMERA yang bermerk KOGAN. KOGAN adalah perusahaan asal australia yang memang namanya mungkin masih asing di kuping kita. KOGAN ACTION CAMERA ini bisa dibilang cukup murah di kalangan ACTION CAMERA yang ada sekarang sekarang ini, harga dari Kogan action camera ini sekisar 450-600rb. Cukup murah bukan?

Nih langsung saja, SPESIFIKASI singkat KOGAN SPORT ACTION CAMERA sbb:
- 12MP
- Resolusi Video 1080p
- Memori hingga 32GB
- Tahan air hingga 30 Meter

Di dalam dus KOGAN ACTION CAM ini kelengkapannya sangat lengkap, kelengkapannya sbb:

1 x Kamera
1 x Case anti air
1 x Kain pembersih
1 x Kabel USB
13x dudukan yang bisa digunakan untuk berbakai macam alat
1 x Baterai
1 x Pengisi baterai
1 x Buku manual

KOGAN SPORT ACTION CAMERA 12MP 1080P

Nah mungkin sudah cukup jelas bukan tentang KOGAN SPORT ACTION CAMERA ini? Yuk langsung kita test, langsung si Action Camera ini. Check this out....

 

Video yang di hasilkan si Kogan Action Cam tersebut bisa langsung cek di bawah atau SUBSCRIBE youtube.com/rofiandika







Yappp, itu video - videonya. Semoga bermanfaat!


TAMBAHAN!

Karena banyaknya pertanyaan, saya akan tambahin hasil fotonya. Yap langsung saja hasil, check this out!



Review/ Spesifikasi + Test: KOGAN SPORT ACTION CAMERA FULL HD 12Mp 1080p
Ini saya ambil dengan Resolusi 5MP di dalam air, dan di malam air. ( Abaikan muka saya bahhahahaa )

Review/ Spesifikasi + Test: KOGAN SPORT ACTION CAMERA FULL HD 12Mp 1080p
Ini saya ambil di pagi hari dengan Resolusi 12MP. 

Review/ Spesifikasi + Test: KOGAN SPORT ACTION CAMERA FULL HD 12Mp 1080p
Ini saya ambil saat matihari terbit ( sunrise ) dengan resolusi 12MP.

Semoga bermanfaat, jangan bosen bosen pantengin blog saya ya. Terima kasih :D

170 comments:

  1. Bisa disambungin via bluetooth hp gak gan? Mhon infonya

    ReplyDelete
  2. Nice info bro.. makasi banyak...

    ReplyDelete
  3. Terimakasih mas Rofi untuk review nya.
    Sebelumnya mau tanya, apa sudah terdapat sejenis tongsis saat membeli? Atau bisa menggunakan tongsis untuk hp?

    ReplyDelete
  4. Bagaimana merubah resolusi kameranya gan ?

    ReplyDelete
  5. kayaknya yg ini palsu soalnya abis mampir ke situs resminya gk ada jenis ini, dengan harga yg relatif sama adanya jenis ini https://www.kogan.com/au/buy/kogan-hd-sports-action-camera/ dan ini bentuk dan speknya beda banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke official kogan bro.. Yg versi ini di luncurin kebanyakan di asia aja.. Kalo ga salah baca sih :3

      Delete
    2. Coba ke official kogan bro.. Yg versi ini di luncurin kebanyakan di asia aja.. Kalo ga salah baca sih :3

      Delete
    3. @kireina, yes, agree....
      saya juga sudah curiga dan makin yakin kalo ini kogan gak resmi dari kogan.. karna action kogan resmi gak ada yg modelnya like sjcam persis. dan kotaknya pun sama dengan beberapa action cam china lainnya seperti onix dan hdking... bisa cek review di blogcpot dot xyz

      Delete
  6. Hasil foto dan video gak sesuai dengan harapan mas, walaupun harga memang segitu sih. tp mending hasil foto or video dari HP yang masih VGA. resolusi 12 MB / Video 1080 P tidak sesuai dengan harapan.

    ReplyDelete
  7. Pernah coba smile detectionnya ? Apakah berfungsi bisa auto take photo saat deteksi senyum spt fi hp?

    ReplyDelete
  8. Jenis barang tergantung harga. Saya recomendasikan camera murah tp kualitas ok. Pilih yi cam atau sj5000. No lag camera mantap. Sekian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp xiaomi yi blm ada lcd nya gan.. Susah kl musti review di hp

      Delete
    2. Xiomi yi kan ada koneksi wifi yang langsung konek ke hp dan bisa langsung lihat hasilnya di HP :)

      Delete
    3. Kemarin browsing dan dikasih tau temen ada kok lcd buat yi.. Cm emang dijual kepisah gt..

      Delete
    4. Kemarin browsing dan dikasih tau temen ada kok lcd buat yi.. Cm emang dijual kepisah gt..

      Delete
  9. bro, mau nanya. kalo mau mindahin foto dari aplikasi XDV ke galeri foto di ios gimana ya? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itukan ada download bro. Jd saat di review pilih tanda kebawah ada menu pilihan download atw delete. Pilih download biar gambat masuk ke ho kita

      Delete
    2. Itukan ada download bro. Jd saat di review pilih tanda kebawah ada menu pilihan download atw delete. Pilih download biar gambat masuk ke ho kita

      Delete
    3. kok gbisa ya masihan? gagal mulu

      Delete
    4. kok gbisa ya masihan? gagal mulu

      Delete
    5. Sama saya juga gagal terus

      Delete
  10. Replies
    1. LAZADA, BUKALAPAK, TOKOPEDIA

      Delete
  11. Ane Baru aja mau jual gan barangkali ada yang butuh
    call/whatsapp 087725651761

    ReplyDelete
  12. kok ga bisa record video lebih dari 5 detik, itu kenapa ya? 20150827-k3000

    ReplyDelete
  13. Mas kok punya saya ga bisa super wide kaya di video? Gimana caranya biar bisa super wide?

    ReplyDelete
  14. punya ane mati nih, pas dipencet tombol power bukannya nyala tapi langsung muncul logo yang ada tulisan "goodbye" kayak kita pas matiin kamera. gak tau mau diapan nih kamera. kualitasnya bikin ragu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih kenapa ya ? baterai atau apanya ya ?

      Delete
    2. Kameraku juga tiba" mati setelah dipake di air,padahal gag basah..kira-kira kenapa yah

      Delete
    3. Udah ada yang bisa kah? Punya ane juga nih.. Diapain yaa

      Delete
    4. Udah ada yang bisa kah? Punya ane juga nih.. Diapain yaa

      Delete
  15. Bneran action cam gg ni? Ato cuman cam under water aj? Tlong info bro, mau beli jga soalnya

    ReplyDelete
  16. gan setting bir gaada tampilan tanggal di fotonya gimana ya? thanks

    ReplyDelete
  17. bro setting biar gda tampilan tanggal d fotonya gimna ya?
    sama ane nih ma agan d atas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Timewatermarknya jgn dicentang bro biar tanggalnya ilang

      Delete
    2. Timewatermarknya jgn dicentang bro biar tanggalnya ilang

      Delete
    3. Timewatermarknya dmna om setinggannya kok gak ada???

      Delete
    4. Aku ttp gabisa ilangin tanggal nya masa? Mungkin ada yg bisa bntu?:(

      Delete
  18. Batrenya tahan berapa jam bro?

    ReplyDelete
  19. Keren reviewnya gan, dgn bgitu kita bisa tau klo kualitas hasil kamera ini gak bagus. Untung gw blm beli. Heheheee Makasih gan

    ReplyDelete
  20. Keren reviewnya gan, dgn bgitu kita bisa tau klo kualitas hasil kamera ini gak bagus. Untung gw blm beli. Heheheee Makasih gan

    ReplyDelete
  21. ok thx ya reviewnya ampir aja ane beli. padahal di kota ane harganya 11 12 sama xiaomi :v

    ReplyDelete
  22. Kalo warnanya jadi berubah gitu gimana ya? Pas mau ambil gambar/video warnanya jadi berubah kaya mode warna "negatif" atau "sephia" gitu yg kaya di hape. Itu cara kembaliin ke warna semula/asli gimana ya? Mohon bantuannya. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  23. Kalo warnanya jadi berubah gitu gimana ya? Pas mau ambil gambar/video warnanya jadi berubah kaya mode warna "negatif" atau "sephia" gitu yg kaya di hape. Itu cara kembaliin ke warna semula/asli gimana ya? Mohon bantuannya. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  24. Replies
    1. Beli di pgc, ambasador, atau toko online ada kok

      Delete
    2. di alien komputer aja lengkap mau kogan, xiaomi yi, bpro dll dan aksesoris perlengkapan action cam lainnya
      alienkomputer.com
      www.lampungmart.com

      Delete
  25. Bagaimana cara menggunakan tongsis kalau harus di tekan manual ketika mau photo atau ambil video? timer buat camera nya pun gak ada....nyesel juga nih terlanjur beli Kogan...hadeeeeuuh

    ReplyDelete
  26. lagi nyimak. soale cari referensi buat beli kamera outdoor, makasih info temen2

    ReplyDelete
  27. ini kamera nya beneran gak ada timer nya? ga bisa pake tongsis dong?

    ReplyDelete
  28. aku mau jual punyaku nih, baru minggu kmren beli. yg minat 081339366680

    ReplyDelete
  29. Niat nya mau beli tapi hasilnya tidak seperti yang di harapkan hehe

    ReplyDelete
  30. Wah jadi pengen beli Kogan juga nih jadinya

    ReplyDelete
  31. Gmna caranya download fto di apliaksi xdv ya ?? Udah di download tp gak mau masuk ke galery ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kogan yang wifi ya gan? Kalaui yang wifi saya kurang tau tuh. Mungkin yang lain ada hehehehe

      Delete
  32. Gw mw jual ni kogan 12mp, ada timer, dll,
    Baru pke 1minggu, fullset, normal, no minus, lokasi depok,
    Hub 08998253959

    ReplyDelete
  33. Gw mw jual ni kogan 12mp, ada timer, dll,
    Baru pke 1minggu, fullset, normal, no minus, lokasi depok,
    Hub 08998253959

    ReplyDelete
  34. gan mau nanya pas kita dah ambil foto dr kogan menggunakan hp, untuk ngesave foto nya biar masuk ke galery media picture hp gimana caranya? saya menggunakan ios

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa punya saya tidak bisa pindah ke galery juga , pdahal sudah di download ..

      Delete
    2. Aplikasinya pake apa gan ?

      Delete
  35. mau nanya waktu pertama datang tu kogan saya buka dari dus nya ? trus saya tekan tombol power nya ko ga nyala nyala ya ga ada tampilan di lcd nya, apa battery nya harus di charger dulu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  36. sama nih puna gua juga, cuman pas gua ganti batre sama aja gan layar nya gak muncul, tolong dong saran nya

    ReplyDelete
  37. Klo udah ngerekam video dr kogan, trus hasilnya mau di hp biar layarnya lebih besar ngk bs ya gan? Tolong masukannya ba distel dengan aplikasi apaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih kualitas vidio nya kan avi . Pas di masukin di hape gak bisa di buka . Gmn caranya ada yang tau ?

      Delete
    2. Sama nih kualitas vidio nya kan avi . Pas di masukin di hape gak bisa di buka . Gmn caranya ada yang tau ?

      Delete
    3. dari hp edit sendiri gan nama video nya cari di folder manager sampean cari di mana video nya ke simpan kalo dah nemu edit namanya yg avi di blakang ganti jadi mp4 ntar kluar kok di galeri

      Delete
  38. Bro knp hasil di camera jadi beda kalo udah dipindah ke hp????

    ReplyDelete
  39. Gan mau nanya, ketika di luar ruangan ane outdoor dengan wifi kamera dan connect ke hp, hasilnya sangat melebihi cahaya atau kurang memuaskan tetapi ketika di dalam ruangan hasil normal. Itu kenapa ya gan? Tolong bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya Ane Jga Gitu Gan. Klu Di Dalam Ruangan, Bagus Hasilnya. Tpi Klu Outdor, Cahayanya Over Gan. Terang Banget. Itu Solusinya Gimana?

      Punya Ane Kogan Black Box (Dus Hitam)

      Delete
  40. Kamera ni bisa foto pakai hp gak, atau hanya bisa pakai tombol itu aja?

    ReplyDelete
  41. Kameranya bisa disambungin kehp gk?

    ReplyDelete
  42. Kamera kogan gue gak nyala lampu lednya, tombol wifi juga gak jadi. Itu knp ya kag

    ReplyDelete
  43. Senasib nih.. pas baru beli masih sehat.. bbrp minggu dsimpen di lemari udah ga nyala lagi. Di charge jg diem aja, ga ada lampu apa2 yg nyala. Apa iya udah rusak? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Baterainya Agan Lepas Dulu. Trus Pasang Lagi..

      Delete
  44. Mau nanya gan, masa susah sambungin wifi nya itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  45. Yg minat silakan sms ane ada beli baru 1 minggu 082257580852

    ReplyDelete
  46. Gan Ane Punya Kogan Black Box (Dus Hitam) 1080P 12 MP + WiFi. Klu Udah Ane Sambungin Ke HP Hasil Tangkapan Indoor, Hasilnya Bagus. Tapi Klu Outdoor, Hasilnya Jelek Banget. Cahanya Over (Terang Banget). Itu Solusinya Gimana?

    ReplyDelete
  47. Ane jual Koogan baru ane beli 1 minggu.. Ane kaga mainin.. Masih normal.. Kerdus accesoris semuanya kumplitttt..
    Ane jual murah nih ... Jual cepat .. Lagi butuh danaaaaa...
    Minat sms/WA 089609946367

    ReplyDelete
  48. ko ga cembung yaa hasil foto nya? ga kaya goPro

    ReplyDelete
  49. mas nanya dong kogan bisa connect ke iphone ios 7 gak? pake app apa ya? thank

    ReplyDelete
  50. Ini gak bisa di sambungin ke hp yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.. lihat dibuku panduan nama Aplikasi yg hrs di download..

      Delete
  51. 70% survei kecewa beli kamera kogan, ya udin saya gak jadi beli kogan. Hehe

    ReplyDelete
  52. Gan nanya cara ngeluarin kamera dari case anti airny gimana?. Bingung nih, wajar baru megang. tolong dibales scepatnya gan.

    ReplyDelete
  53. geser kekanan, sambil agak congkel ke atas

    ReplyDelete
  54. Gan kogan action camera bisa gunakan microphone seperti go pro?

    ReplyDelete
  55. Kogan yg ini pubya jek audio (lobang mic) gak sih.?
    Mau beli ini takut gak ada lubang untuk mic, kaya gopro punya.

    ReplyDelete
  56. halow selamat malam , salam pengguna kogan , mau tanya , beli microphone buat kogan dmna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku tdk ada jual microphone eksternal utk kogan.. hanya ada utk gopro dan xiomi yi

      Delete
  57. mas ..tanya dong ..ini kogan saya sering mengulang record ing ..maksud nya pas ngerekam waktu nya ngulang2 ..

    ReplyDelete
  58. kogan yang bagus itu kogan 4k, dengan resolusi camera 16mp+ wifi. daripada beli kogan yang biasa hanya 12mp

    ReplyDelete
  59. kl bateri keadaan full pngunaan record video kuat brp lama ya? tq

    ReplyDelete
  60. ada yg mau beli? kogan 4k 16 mp 500 rbu.. yg minat hubungi 081354641512

    ReplyDelete
  61. Cara ngirim hasil fotonya ke hp gmna

    ReplyDelete
  62. Cara ngirim hasil fotonya ke hp gmna

    ReplyDelete
  63. Gan mau tanya, itu settingan sebagus itu gmana caranya ya gan?
    respon ya gan..
    Thanks..

    ReplyDelete
  64. oiya gan itu editing video nya pke apa ya gan?

    ReplyDelete
  65. ini saya habis beli kogan 16 mp ultra hd tp kog gak ada tampilan settingnya ya, sya tekan arah bawah gak muncul menunnya

    ReplyDelete
  66. tombol yang mana ya bwt bisa ngatur settingnya , mohon petunjuk gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik tombol mode off/on beberapa kali.. dn akn muncul Setting

      Delete
  67. gan saya mau jual Logan saga nih Bari banget beli hari ini to kecewa karena ga bs connect ke HP.. minta WA: 087780913993 buka harga 300rb gan

    ReplyDelete
  68. gan saya mau jual Logan saga nih Bari banget beli hari ini to kecewa karena ga bs connect ke HP.. minta WA: 087780913993 buka harga 300rb gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cara ngecharger gmna kak ?? Terus kalo sudah full tandanya apa minta tlong dong arahannya

      Delete
    2. Kalo cara ngecharger gmna kak ?? Terus kalo sudah full tandanya apa minta tlong dong arahannya

      Delete
  69. ane mau jual kogan ane nih gan hub 089636086843 buka harga 250 masih bisa nego.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak gimana caranya carger dan apakah tabda kalo carger penuh ?

      Delete
    2. Kak gimana caranya carger dan apakah tabda kalo carger penuh ?

      Delete
  70. 90% komen bertanya terkait permasalahan di kogan.

    Kagak jadi beli deh

    ReplyDelete
  71. 90% komen bertanya terkait permasalahan di kogan.

    Kagak jadi beli deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo pgn bagus.. beli Gopro sj gan.. aku jg lg nabung utk beli gopro.. hhehe

      Delete
    2. Agan mau blik kogan yg harga nya 250rb ya pantas la hasil nya pun gk sebagus yg anda bayangkan. Aku sarankan blik kogan 4k full hd 16mp yg harganya 600rb di Lazada.atau tokopedia. Pasti gk bakalan nyesel, harga murah dan gk mengecewakan. Hahaha

      Delete
  72. Kok kamera aku fotonya gak bisa tersimpan yah itupun klo tersimpan pas dimatiin terhapus sendiri, sd cardnya jg pas dipindahin ke hp gak terbaca

    ReplyDelete
  73. Versi kamera kogan saya kenapa cuma 20160315 ya? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  74. Versi kamera kogan saya kenapa cuma 20160315 ya? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  75. Gan, kartu nya harus pake kartu apa? Kok pas mau saya ambil foto ga bisa yak? Tlisanya harus pke tfcard

    ReplyDelete
  76. Gan,, kogan saya baru beli tapi kok gag nyala sih padahal udah dicas,, nyalanya kalo pas lagi di charge ajah kalo dilepas chargenya Mari lagi,, knapa ya??

    ReplyDelete
  77. Gan,, kogan saya baru beli tapi kok gag nyala sih padahal udah dicas,, nyalanya kalo pas lagi di charge ajah kalo dilepas chargenya Mari lagi,, knapa ya??

    ReplyDelete
  78. Terima kasih pencerahannya gan...kamera kogannya mantap abis...
    dengan harga yg relatif murah tapi hasilnya memuaskan...

    ReplyDelete
  79. Gimana caranya supaya hasil kameranya bisa wid gan? Tolong reply yaaa

    ReplyDelete
  80. Gan gimana caranya supaya hasil fotonya jadi wide gitu? Reply please

    ReplyDelete
  81. Sama dg di atas kogan saya kalau di outdor malah over cahaya, cuma klihatan putih doank

    ReplyDelete
  82. Sama dg di atas kogan saya kalau di outdor malah over cahaya, cuma klihatan putih doank

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau ISO rendah gan kalau cahaya lg banyak

      Delete
  83. Kelebihan KOGAN: Murah, Simple, Dudukan komplit, Wifi bekerja ok, kualitas gambar dan suara ok, ada garansi 2-3 bulan.

    Kekurangan KOGAN: Jika ngecas lebih dari 2 jam maka baterai akan ngedrop, Jika pakai memori yg udh ada isinya kadang suka ngak kesimpan atau putus-putus.

    Yang mau nanya2 tentang kogan silahkan hubungi: 085864586913- 082129916886

    Semua seluk-beluk KOGAN silahkan tanya2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak... ada PIN BBm ngga.. mau tanya tntang Kogan

      Delete
  84. Menurut info2 yg beredar untuk kogan yg asli / original pas cam di on muncul tulisan kogan..
    Apabila yg muncul tulisan welcome berarti " PALASU "

    ReplyDelete
  85. Memory penyimpanan perangkat minimal harus kosong 1-2gb .klo g segitu,emang gagal terus :( g bsa di save ke hp .alhasil malah di screenshoot -,- haha
    Gan kalau di kemasan tulisan nya : 4K ultra hd Action camera . Itu tuh merk apa yah? Kmrn ak tuh beli niat nya beli bpro ,taunya malah di kasih ini dan baru sadar di rumah klo itu bukan B-pro . Harganya 1,6 udh full aksesoris 16 MP. Itu tuh merk apa yah? Resmi ga? Soalnya di kamera nya jg g ada merk nya,takut nya barang blackmarket :( please respondnya

    ReplyDelete
  86. gan cara ilangin timestampnya gimana ? ane kogan yang wifi

    ReplyDelete
  87. Gimana ya cara ngidupin flash Kogan 4k wifi?

    ReplyDelete
  88. Hasil dari kogan nih gan https://www.youtube.com/watch?v=Jbhx7TlYaLU&feature=youtu.be

    ReplyDelete
  89. Om mau tanya dong,klo fot nya itu dia pake timer untuk foto sendiri
    Itu aja makasih

    ReplyDelete
  90. Kogan 4k+ saya kok ga bisa di download fotonya . (Gagal terus) ada yg punya saran ??

    ReplyDelete
  91. #WTA
    kalo cara nambah exposure but mode Video gimana ya? yang bisa cuma mode Foto doang nih

    ReplyDelete
  92. mau nanya. ini konesi pake ap untuk spott ke Androit. wifi ap bluetoth

    ReplyDelete
  93. Hasil video saya cembung gan,tapi kok hasil fotonya ga cembung gan?tolong bantu biar fotonya bisa cembung

    ReplyDelete
  94. Hasil video saya cembung gan,tapi kok hasil fotonya ga cembung gan?tolong bantu biar fotonya bisa cembung

    ReplyDelete
  95. Gan kenapa kamera sport 4k ultra hd dv saya pas ambil foto gambarnya agak buram :3,padahal dah diset 16mp,mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
  96. Kogan 12Mp gua nggak bisa connect ke Android? and at least pasti ada notif The Connection is overtime? Ada solusi

    ReplyDelete
  97. bro ane jujur aja nih ane ngga baca seluruh comment nih , jadi udah ada yang nanya atau belum , gini bro nanya , camera cogan ada lcd nya ngga ya , ane liat spect nya ngga tertulis, trus hardcase under waternya kalo yang lebih dari 30 m underwater ada ngga bro

    ReplyDelete
  98. Gan, itu video timelapse nya pake kamera kogan ini? Keren euy

    ReplyDelete
  99. gan knp di dalam ruangan jadi noise ya gan ??

    ReplyDelete
  100. tongsis yg pas buat kogan yg non wifi
    yg kya gmna broo

    ReplyDelete
  101. Gan cocok tidak kalau kabel mic gopro 3 masuk ke kogan ?

    ReplyDelete
  102. Kogan bisa untuk video timelapse nga ya?

    ReplyDelete
  103. Kogan saya yg wifi ko connetion overtime mulu ya padahal udah ngikutin langkah" pemakaian'a ?

    ReplyDelete
  104. Ask gan...
    Agan" yg pda punya Kogan action cam boleh nggk liatin hasil jepretan nya?
    Soalnya gw jga mau beli
    Tq

    ReplyDelete
  105. lumayan lah hasilnya, sesuai dengan harga juga :D

    ReplyDelete
  106. Check korean baby names at https://www.astrolika.com/babynames/korean_babynames.html

    ReplyDelete